Alan Turing, Enigma, dan pemecahan kode Nazi Jerman




Alan Mathison Turing, Lahir di Maide, Vale, London, Inggris pada 23 Juni 1912. Dia adalah seorang peneliti Matematika dan Komputer, serta pahlawan perang Inggris.

Pada tahun 1936, dia melanjutkan studi ke Universitas Princeton di Amerika Serikat kemudahan kembali ke Inggris pada tahun 1938. Di sana, ia mulai bekerja secara rahasia sebagai tenaga paruh waktu untuk departemen Kriptoanalisis Inggris, kode pemerintah, dan sekolah Cypher. Pada saat pecah Perang Dunia II, dia mengambil pekerjaan penuh waktu di kantor pusatnya, Bletchley Park.
Di sini ia memainkan peran penting dalam menguraikan pesan yang dienkripsi oleh mesin Enigma Jerman, yang menyediakan data intelijen penting bagi sekutu. Dia memimpin sebuah tim yang merancang sebuah mesin yang dikenal sebagai Bombe yang berhasil menerjemahkan sandi pesan Jerman. Sejak saat itu, ia menjadi tokoh terkenal dan agak eksentrik di Bletchley.

Pada tahun 1952, Turing ditangkap dan diadili atas tindak pidana homoseksualitas. Untuk menghindari penjara, ia menerima suntikan estrogen selama setahun, yang dimaksudkan untuk menetralkan libidonya. Pada masa itu, homoseksual dianggap sebagai sebuah risiko keamanan karena mereka terbuka untuk memeras. Izin keamanan Turing ditarik, berarti dia tidak bisa lagi bekerja untuk GCHQ,  penerus pasca-perang untuk Bletchley Park. Hal ini membuatnya bunuh diri pada 7 Juni 1954.

Mesin Enigma 



Mesin Enigma adalah mesin mekanik-elektrik yang digunakan untuk mengubah pesan menjadi sandi rahasia atau sebaliknya.Enigma dibuat oleh engineer Jerman Arthur Scherbius.Salah satu versi Enigma yang terkenal adalah yang digunakan tentara Jerman dalam menghadapi Perang Dunia II untuk saling bertukar sandi rahasia tanpa sepengetahuan musuh.


Pemecahan kode mesin Enigma 


Kerumitan kode Enigma nyatanya masih dapat dipelajari.Di Inggris upaya pemecahan kode Enigma dilakukan oleh Alan Turing bersama kawan-kawannya.Tim pemecah kode Enigma Turing pada awalnya mencoba memecahkan kode secara manual, tetapi cara tersebut sangat sulit karena sistem sandi berlapis dan perubahan kombinasi rotor setiap harinya memungkinkan milyaran kemungkinan penyelesaian.Lalu tim Alan Turing ini melakukan pemecahan sandi dengan inspirasi dari mesin Bombe. 

Dengan cara ini mereka dapat menyelesaikan enkripsi sandi Enigma dalam waktu sekitar 18 jam, sebuah kemajuan besar daripada penyelesaian manual.Tapi waktu 18 jam adalah waktu yang lama untuk sebuah pemecahan sandi rahasia Jerman, keburu Jerman melaksanakan aksinya daripada sandi itu bisa terpecahkan.Di sinilah kecerdikan Alan Turing, ia dapat menemukan celah pada mesin Enigma: dengan 9 tahap persandian, Enigma tidak mungkin mengeluarkan huruf sandi sesuai huruf itu sendiri. Dengan fakta itu, lokasi kata-kata umum pada sandi dapat diketahui dan jumlah kemungkinan penyelesaian menurun drastis, tidak harus sebanyak 10^14 kemungkinan dicoba satu persatu.


Dengan teknik itu, Alan Turing dkk dapat memecahkan kode Enigma setiap pagi hanya dalam waktu 20 menit, sebuah capaian yang luar biasa.Berkat hal itu strategi perang Jerman sebagai negara adidaya dalam Perang Dunia II dapat diketahui dan Perang Dunia II pun berakhir lebih cepat berkat pemecahan kode Enigma ini.


Untuk menonton kisah hidup Alan Turing dan betapa dramatis nya proses pemecahan sandi Enigma, kamu bisa menonton film berjudul "The imitation game".


-
📄:https://www.google.com/amp/s/saintif.com/alan-turing-enigma/amp/





Comments